Jual beli online yang makin marak beberapa tahun belakangan ini memang mengubah gaya belanja sebagian orang. Bukan hanya di kota besar, belanja barang secara online merambah hingga masyarakat di daerah-daerah pedesaan. Meski demikian, tak dapat dipungkiri makin banyak orang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan melalui internet dengan cara-cara yang tidak terpuji, menipu orang lain dengan kedok perdagangan atau jual beli.

Orang-orang inilah yang memberikan kesan negatif pada dunia jual beli online di internet. Padahal, masih banyak sekali pelaku bisnis online yang jujur dan sungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya, walau keseriusan mereka harus dikotori oleh para penipu-penipu yang bergentayangan di dunia maya.

Berikut tips dan trik serta cara-cara berbelanja secara online yang aman agar terhindar dari penipuan, disarikan dari berbagai sumber. Kata kuncinya adalah teliti dan mawas diri.

  1. Curigai Pedagang yang Menjual Barang dengan Harga Terlalu Miring (Murah)
    Kalau anda menemukan pedagang yang menjual barangnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran, ada kemungkinan itu adalah penipuan. Biasanya mereka berdalih bahwa barang yang mereka jual adalah barang BM (Black Market). Jangan langsung percaya, ada baiknya anda pikir-pikir dulu untuk bertransaksi dengan pedagang semacam ini.
    Sifat normal manusia pada umumnya ingin mendapatkan produk bagus dengan harga yang semurah mungkin. Ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum, memancing nafsu normal manusia untuk masuk kedalam jebakan. Kita harus jeli tidak semua produk yang harganya murah pasti penipuan tetapi pada umum jawabannya adalah IYA.
  2. Curigai Pedagang yang Mendesak Anda untuk Segera Mentransfer Uang untuk Pembayaran Barang.
    Hati-hati dengan penjual yang mengharuskan anda mentransfer uang terlebih dahulu sebelum anda melihat dan mengecek kondisi barang yang mereka jual. Biasanya mereka beralasan butuh uang atau sebagainya. Terkadang mereka mendesak anda untuk segera membayar sambil menawarkan diskon berlebih jika anda membeli dalam partai besar.
  3. Usahakan Melakukan Transaksi Pembayaran Secara Cash On Delivery (CoD) atau Cash and Carry (CnC)
    Kalau anda tinggal di kota yang sama dengan penjual, sangat disarankan anda mengajak si penjual bertransaksi secara langsung dengan temu muka atau kopi darat yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash On Delivery) atau Cash and Carry (CnC). Kalau si penjual menolak, waspada dan pertimbangkan masak-masak, kemungkinan dia punya niat untuk menipu anda.
    Tapi anda sebaiknya tetap waspada, jaman sekarang banyak penipu online yang mendompleng / mencatut alamat penjual online yang asli. Jika anda mendatangi alamat yang diberikan, pasti anda akan menemukan penjual aslinya.
  4. Bertransaksilah Dengan Penjual yang Pernah Bertransaksi dengan Orang yang Anda Kenal.
    Lebih baik membeli barang di penjual yang sudah terbukti jujur bukan? Jadi, sebaiknya anda mencari referensi dulu dari rekan rekan anda, dimana mereka pernah membeli barang yang sejenis dengan barang yang sedang anda cari.
  5. Merupakan Nilai Plus Jika Penjual Memiliki Toko Online atau Website Resmi.
    Website atau toko online yang dimiliki oleh seorang pedagang boleh dikatakan sebagai bukti kuat bahwa ia adalah pedagang yang dapat dipercaya, terlebih jika websitenya bukan yang gratisan (misalnya blogspot atau wordpress). Banyak sekali penipu yang tidak mempunyai toko online atau website alias hanya mengandalkan platform gratis seperti Facebook, olx, tribun atau forum jual beli lainnya.
    Namun, itu bukan harga mati, banyak pula pedagang jujur yang hanya memanfaatkan forum jual beli dan memang benar-benar dapat dipercaya.
  6. Amati Berapa Lama Ia Berbisnis Online, Reputasi dan Testimonial.
    Meskipun ini bukan syarat mutlak, namun lama bergabungnya seseorang dalam suatu forum seperti olx, tribun, Facebook, atau forum jual beli lainnya bisa dijadikan alasan apakah anda patut mempercayai si penjual. Selanjutnya perhatikan juga bagaimana testimonial orang-orang yang pernah bertransaksi dengannya. Semakin banyak dan semakin positif testimonial yang diberikan orang, makin baik pula layanan yang ia berikan selama ini.
  7. Jangan Malas Mencari Info.
    Apabila anda melakukan transaksi dalam jumlah dan nilai yang cukup besar, ada baiknya anda mengecek validitas kontak info (tanyaken ke Mbah Gugel). Jika penjual memberikan alamat rumah / toko, pastikan alamat tersebut asli (jangan sampai kasus Ayu Ting Ting terjadi pada anda).
    Jika anda menemukan bahwa alamat rumah / toko tersebut memiliki website resmi, jangan ragu untuk mengunjungi website resminya. Cek kembali apakah nomor telepon / pin bbm / email / rekening adalah sama dengan yang tercantum di website resmi.

Demikian tips singkat ini, semoga bisa membantu. Semoga kita terhindar dari godaan penipu yang terkutuk.