Ongkos kirim (biasa disingkat ongkir) merupakan 'pasangan' dari harga produk/barang yang dijual online. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan dan tentang ongkir, khususnya dengan provider Tiki.

Komponen ongkir terdiri dari Biaya Kirim dan Biaya Tambahan.

1. Biaya Kirim / Freight

Karena Tiki merupakan kargo udara, maka besarnya biaya kirim tergantung dari
- jarak kantor cabang penerima ke bandara asal
- jarak bandara asal ke bandara tujuan
- jarak bandara tujuan ke alamat tujuan

Contoh kasus (Reguler):
- ongkir Gianyar Bali - Jakarta = Rp.10.000/kg
- ongkir Denpasar - Jakarta = Rp.9.000/kg
- ongkir Denpasar - Bogor = Rp.10.000/kg
- ongkir Denpasar - Gunung Putri Bogor = Rp.13.500/kg

Untuk yang ingin tahu besarnya ongkir, silahkan buka website resmi Tiki di http://www.tiki-online.com/.
Selain itu, biasanya untuk tujuan di luar kota, ongkos kilogram pertama (kgp) berbeda dengan kilogram selanjutnya (kgs).

Contoh kasus (Reguler):
- ongkir Denpasar - Gunung Putri Bogor (1kg) = Rp.13.500 (kgp)
- ongkir Denpasar - Gunung Putri Bogor (2kg) = Rp.25.000 = kgp Rp.13.500 + kgs Rp.11.500

Jika barang yang dikirim berukuran besar tetapi ringan, misalnya bedcover atau boneka, pihak Tiki akan menimbang dan mengukur volumenya. Volume akan dikonversi menjadi berat, dengan rumus:
Berat = (panjang x lebar x tinggi) / 6.000
Dari situ baru dibandingkan berat timbangan berapa dan berat volume berapa. Yang digunakan untuk perhitungan ongkir adalah nilai yang besar.

Contoh kasus:
Sebuah paket berukuran 30cm x 40cm x 50cm memiliki berat 6kg. Konversi volume ke berat = (30 x 40 x 50) / 6.000 = 60.000 / 6.000 = 10kg. Jadi meskipun berat timbangan cuma 6kg, paket tersebut akan kena ongkir 10kg.

2. Biaya Tambahan / Additional Charge

Biaya Tambahan dikenal pula dengan nama Biaya Administrasi. Nah ini yang masih misterius, saya sendiri belum nemu rumusnya :( Di website resmi juga nggak ada keterangan tentang biaya administrasi. Biasanya biaya administrasi Rp.1.500/paket, tapi kadang-kadang kena lebih dari itu. Pernah kena biaya administrasi Rp.2.500 / Rp.5.000 / Rp.10.000 / Rp.17.500 :(

Kami sebagai pedagang online tidak mengambil keuntungan dari ongkir. Pada saat kalkulasi, kami memberikan estimasi / perkiraan berat produk dan besarnya ongkir.
Jika ada kelebihan bayar jangan khawatir, uang masbro-mbaksis nggak akan ilang kok. Biasanya uang tersebut kami simpan sebagai deposit bagi pembelian berikutnya ATAU dikembalikan (refund) ke rekening pembeli.
Kalau ada kekurangan, ya harap maklum masbro-mbaksis, kalau kami minta tambahan. Boleh langsung ditransfer atau ditambahkan di pembelian berikutnya :)

Testimonial

4.7 of 5 customer rating
Based on 70 reviews
Alhamdulillah aku puas banget pesan dari Bali Fine Craft. Sesuai nama, produknya memang "fine". Aku pesan 2 mukena Bali ukuran jumbo. Bagus sekali. Bahannya jatuh, nyaman, ukurannya beneran jumbo sampe muat untuk saya yang beratnya hampir 100 kg. Warna motifnya jauh lebih cantik dari yang saya kira. Selain itu, pas dicuci mukena tidak luntur dan warnanya tetap bagus. Sukses terus ya!
mita  
30 Oct 2014

Waspada Penipuan