Ongkos kirim (biasa disingkat ongkir) merupakan 'pasangan' dari harga produk/barang yang dijual online. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan dan tentang ongkir, khususnya dengan provider Tiki.

Komponen ongkir terdiri dari Biaya Kirim dan Biaya Tambahan.

1. Biaya Kirim / Freight

Karena Tiki merupakan kargo udara, maka besarnya biaya kirim tergantung dari
- jarak kantor cabang penerima ke bandara asal
- jarak bandara asal ke bandara tujuan
- jarak bandara tujuan ke alamat tujuan

Contoh kasus (Reguler):
- ongkir Gianyar Bali - Jakarta = Rp.10.000/kg
- ongkir Denpasar - Jakarta = Rp.9.000/kg
- ongkir Denpasar - Bogor = Rp.10.000/kg
- ongkir Denpasar - Gunung Putri Bogor = Rp.13.500/kg

Untuk yang ingin tahu besarnya ongkir, silahkan buka website resmi Tiki di http://www.tiki-online.com/.
Selain itu, biasanya untuk tujuan di luar kota, ongkos kilogram pertama (kgp) berbeda dengan kilogram selanjutnya (kgs).

Contoh kasus (Reguler):
- ongkir Denpasar - Gunung Putri Bogor (1kg) = Rp.13.500 (kgp)
- ongkir Denpasar - Gunung Putri Bogor (2kg) = Rp.25.000 = kgp Rp.13.500 + kgs Rp.11.500

Jika barang yang dikirim berukuran besar tetapi ringan, misalnya bedcover atau boneka, pihak Tiki akan menimbang dan mengukur volumenya. Volume akan dikonversi menjadi berat, dengan rumus:
Berat = (panjang x lebar x tinggi) / 6.000
Dari situ baru dibandingkan berat timbangan berapa dan berat volume berapa. Yang digunakan untuk perhitungan ongkir adalah nilai yang besar.

Contoh kasus:
Sebuah paket berukuran 30cm x 40cm x 50cm memiliki berat 6kg. Konversi volume ke berat = (30 x 40 x 50) / 6.000 = 60.000 / 6.000 = 10kg. Jadi meskipun berat timbangan cuma 6kg, paket tersebut akan kena ongkir 10kg.

2. Biaya Tambahan / Additional Charge

Biaya Tambahan dikenal pula dengan nama Biaya Administrasi. Nah ini yang masih misterius, saya sendiri belum nemu rumusnya :( Di website resmi juga nggak ada keterangan tentang biaya administrasi. Biasanya biaya administrasi Rp.1.500/paket, tapi kadang-kadang kena lebih dari itu. Pernah kena biaya administrasi Rp.2.500 / Rp.5.000 / Rp.10.000 / Rp.17.500 :(

Kami sebagai pedagang online tidak mengambil keuntungan dari ongkir. Pada saat kalkulasi, kami memberikan estimasi / perkiraan berat produk dan besarnya ongkir.
Jika ada kelebihan bayar jangan khawatir, uang masbro-mbaksis nggak akan ilang kok. Biasanya uang tersebut kami simpan sebagai deposit bagi pembelian berikutnya ATAU dikembalikan (refund) ke rekening pembeli.
Kalau ada kekurangan, ya harap maklum masbro-mbaksis, kalau kami minta tambahan. Boleh langsung ditransfer atau ditambahkan di pembelian berikutnya :)

Testimonial

4.7 of 5 customer rating
Based on 70 reviews
makasiih mbak Luspa, mukena n dress ny udah sampai dgn selamat. bahanny bagus, motif jg oke. sayang udah bnyk yg sold out motif ny. restock lgi y mbak, klo bs yg tiedye kasih ukuran mbak. untuk anak2, trus dewasa jg kasih ukuran. tambahin kemeja batik bali untuk cowok jg mbak, hehe. makasiiih bnyk mbak. sukses trus buat Balifinecraft. ^_^
vivi  
27 Jun 2014

Waspada Penipuan