Serat rayon adalah serat buatan yang terbuat dari hasil regenerasi selulosa. Umumnya selulosa murni yang digunakan berasal dari pulp kayu yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan filamen. Karena rayon dibuat dari polimer yang terbentuk secara alami dan melibatkan proses kimia dalam pembuatannya, maka serat rayon dianggap sebagai serat semisintetik. Disebut serat semisintesis karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya.

Rayon adalah serat serbaguna dan secara luas diklaim memiliki sifat kenyamanan yang sama seperti serat alami, meskipun kelicinan dan jatuhnya lebih seperti nilon. Banyak jenis dan tingkat rayon dapat meniru rasa dan tekstur serat alami seperti sutra, wol, katun dan linen. Serat rayon mudah dicelup dalam berbagai warna. Kain rayon lembut, halus, dingin, nyaman dan sangat menyerap, tetapi tidak menyekat panas tubuh, membuatnya ideal untuk digunakan di iklim yang panas dan lembab.

Kain rayon digunakan secara luas dalam industri garmen untuk bahan pakaian dan perlengkapan busana, seperti daster, jaket, jas, pakaian dalam, syal, topi, dasi, kaus kaki dan tentu saja mukena bali. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, yaitu:

  • Bahan katun rayon lebih bercahaya dan berkilau
  • Teksturnya yang lembut, halus, dingin, nyaman dan sangat menyerap
  • Mudah dicelup dalam berbagai warna
  • Daya tahan lebih baik jika dibandingkan bahan katun biasa
  • Perawatannya relatif lebih mudah